Yang Sedang Dikerjakan

Entah mengapa berkeinginan untuk menulis.

Beberapa hari yang lalu saya membeli Post-It yang bentuknya persegi panjang kecil. Saya ingin membuat semacam reminder yang bisa ditempel di laptop. Sejauh ini sudah ada tujuh persegi panjang kecil-kecil yang bertengger di depan muka saya setiap kali membuka laptop.

Apa saja yang saya kerjakan?

Pertama dan yang paling utama adalah LPDP, dong. Tenggat waktu pengumpulan berkas adalah 27 April mendatang. Sepertinya saya harus memundurkan tanggalnya jadi 20, agar tidak ada ruang untuk bermalas-malas. Sampai saat ini saya masih dalam proses menulis ulang esai. Saya juga sedang banyak membaca literatur terkait bidang studi saya nanti. Alasannya sederhana sih, agar saya benar-benar tahu apa yang harus saya lakukan setelah kuliah nanti. Saya juga sudah merencanakan untuk menulis tentang rencana tersebut di blog ini.

Oya, simak juga tulisan saya untuk mempersiapkan lamaran LPDP kedua.

Lalu ada Jakarta Urban Challenge. Buat yang belum tahu, Jakarta Urban Challenge adalah acara yang diadakan oleh sebuah organisasi internasional bernama New Cities Foundation. Saya juga kurang paham sih apa yang dilakukan organisasi tersebut, tapi rencananya tahun ini akan ada seminar besar tentang perkotaan yang bertempat di Jakarta. Ada Pak Ahok, lho.

Nah, Urban Challenge itu sendiri adalah semacam sayembara. Intinya, mereka menantang penduduk Indonesia, khususnya Jakarta, untuk memberi ide-ide terbaik dalam menyelesaikan masalah transportasi di ibukota tercinta ini. Saya tertarik untuk ikut sayembara ini, karena salah satu dimensi yang diminta solusinya adalah safety and accessibility, yang bagi saya psikologi banget. Tenggatnya tiga hari setelah LPDP, yaitu 30 April.

Selanjutnya ada proyek riset dengan University of Warwick. HA?! Ya, saya bukan asal ketik kok. Jadi, dulu sekali, di tahun 2013, tiga orang dosen saya berangkat ke Inggris untuk mengunjungi beberapa universitas di sana, salah satunya adalah Warwick. Mereka membawa misi kerjasama riset, dan Warwick adalah kampus yang paling antusias menyambut ide tersebut.

Ingat Profesor Nick Chater? Beliau adalah ‘perwakilan’ dari Warwick yang antusias itu. Singkat cerita, Prof. Chater dan seorang dosen saya berencana untuk melakukan riset. Sayangnya, karena keduanya sama-sama sibuk, rencana tersebut terbengkalai.

Fast forward ke beberapa hari yang lalu, saya ditawarkan untuk terlibat dalam penelitian ini. Buat saya, ini kesempatan yang bagus untuk belajar dan kembali mendekatkan diri dengan dunia riset. Di sisi lain, dengan terlibat dalam riset berskala internasional seperti ini, saya bisa memoles CV. Hehehe.

Saya belum tahu banyak soal rencana riset ini, apalagi tenggat-tenggatnya. Tapi saya sudah mulai membaca salah satu artikel jurnal yang akan dirujuk nantinya.

Lanjut. Saya tidak ingat sudah pernah menulis ini atau belum, tapi sepertinya sih belum. Salah satu persyaratan yang saya penuhi untuk memenuhi conditional offer dari Warwick (iya, saya sudah daftar dulu sekali) adalah memperbaiki nilai IELTS. Waktu saya mendaftar, sebenarnya skor overall-nya sudah mencukupi. Sayang, ada satu subskor yang terlalu rendah untuk jurusan saya. Untuk itu, tanggal 14 Maret lalu saya ikut iELTS lagi, dan alhamdulillah sekarang sudah memenuhi syarat. Ya, Post-It berikutnya adalah soal mengirim berkas-berkas yang diminta Warwick untuk mendapatkan unconditional offer.

Masih dari Warwick, dua hari yang lalu saya mendapat email dari Warwick International Office. Isinya adalah pengumuman bahwa International Office akan mengadakan sesi tanya jawab antara calon mahasiswa dan mahasiswa. Standar sih, masalahnya adalah mereka akan menghubungi calon mahasiswanya lewat telepon! Untungnya saya bisa memilih untuk tidak dihubungi lewat telepon, dan memilih live chat. Seperti yang kita semua tahu, salah satu kekuatan terbesar chatting adalah kita punya waktu yang banyak untuk berpikir, dan bisa merevisi apa yang ingin kita ucapkan. Keunggulan yang amat penting bagi orang seperti saya. Sesi live chat akan dibuka dari tanggal 13 hingga 18 April.

Dan terakhir, saya sudah memplot sebuah cerpen untuk dipublikasikan dalam waktu (yang relatif) dekat.

Iklan

Tulis komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s