Angka Magis Bernama 37

37

Saya sedang belajar matematika (di Khan Academy) untuk alasan yang tidak bisa saya jelaskan sekarang. Yang jelas, saya ‘menemukan’ sesuatu yang menarik ketika berusaha mengerjakan sebuah soal latihan.

Seperti yang bisa kita lihat di gambar di atas, saya sedang menghadapi soal pembagian 3256 : 37. Sebagai orang yang sudah lama tidak berurusan dengan pen and paper, saya kagok juga ketika menghadapi soal yang rumit (tidak bisa dikerjakan di dalam kepala) seperti ini. Jadilah saya coret-coret di kertas.

Saya pun melakukan apa yang orang yang tunamatematika biasa lakukan: menebak jawaban. Saya mencoba beberapa angka yang berakhiran 8 (karena akan menghasilkan bilangan berakhiran 6 jika dikalikan dengan bilangan berakhiran 7). Saya mulai dari 18, dan sedikit tersenyum ketika mendapat 666. Lalu entah mengapa saya mencoba 12, dan mendapat hasil 444. Di titik ini, pikiran liar saya langsung terbangun. Saya mencoba mengalikan 37 dengan 6 (karena 18 dan 12 berselisih 6; konyol memang), dan kembali terperanjat karena hasilnya 222. Mengikuti pola sebelumnya, saya kalikan 37 dengan 24, dan mendapat 888. Bagaimana dengan 30? Hasilnya 1110. Nyaris saja.

6 x 37 = 222
12 x 37 = 444
18 x 37 = 666
24 x 37 = 888

Saya terkesima, dan langsung berencana membagikan ‘temuan’ ini di blog. Tapi sebelumnya saya ingin mencarinya dulu di internet. Saya agak terkejut ketika menemukan bahwa bahkan di entri Wikipedia angka ini tidak ada pembahasan tentang fenomena ini. Namun kemudian saya melihat bagian External links di bawah, dan menemukan tautan ke video dari salah satu seri favorit saya di YouTube, Numberphile. Ada video berjudul “37: Just something fun”. Saya tidak kaget, sih, karena tim Numberphile memang adalah kumpulan matematikawan paling iseng di jagad maya.

Dan ternyata memang ada penjelasannya!

Iklan

Satu pemikiran pada “Angka Magis Bernama 37

  1. […] yang pernah saya laporkan di tulisan tentang angka 37, saya sedang dalam masa belajar mandiri. Tidak hanya terbatas pada matematika, saya pun (berencana) […]

Tulis komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s